3.3 Social Nerwork Sites dan Blogsphere

Jelaskan dan berikan contoh apa yang anda ketahui tentang Social Network sites dan blogsphere

Social Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.


Layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs social networking yang populer dewasa ini antara lain facebook dan twitter. Beberapa contoh Situs Jejaring Sosial:


1. Facebook
FacebooK Adalah Sebuah Website Yang bertemakan social networking (Pencari Teman di Dunia Maya).
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.

2. Twitter
Twitter berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006.

3. LinkedIn
Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn.

4. Myspace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.

5. Google+
Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video.


Pengertian blogosphere adalah suatu interkoneksi antarblog yang tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet,  Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut
jenis postingan, ada berupa blog berita, hobiis, blog yang berisi tips dan trick dll.

Istilah tersebut muncul pada tahun 1999 dan mulai populer tahun 2002, walaupun lahir dari sebuah lelucon keberadaan blogosphere kini menjadi sebuah ikon bagi blogger, belum lengkap bilamana blogger belum tergabung ke dalam komunitas blogosphere hingga jadi ikon  eksistensinya dalam dunia blogging.

Manfaat blogosphere ini tak lepas kaitannya dari SEO, layaknya sebuah komunitas, keberadaan blogosphere memberikan jalinan komunikasi antar blogger, ngasi akses postingan yang popular dan menjadi sebuah trend, atau updetan artikel sebuah blog, dan laennya.

Menulis blog yg terpublish pada sebuah blogosphere merupakan langkah oke, paling gak bagi konten original, yg mana menjadi sebuah acuan buat mencari pembaca setia blog kita, ngasiin konten yg berasal dari Kopas kayanya gak oke, soalnya banyak pembaca yang lebih senang mencari bacaan dari sumber aslinya, dari pada baca hasil kopas.

Referensi
http://yusrintosepu.wixsite.com/yoes/single-post/2018/04/23/Social-Media-dan-Social-Network-Media-Sosial-Jejaring-Sosial-Perbedaan-dan-klasifikasinya
http://skd-stemsago.blogspot.com/2019/02/apa-pengertian-blogosphere.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi & Misi Perusahaan Bank Mandiri

2.1 Arsitektur Web

2.2 Web Content