pengantarteknologigame

Identifikasi Teknologi Komputer Dari Generasi 1 Sampai Sekarang

Sejarah Komputer

Perkembangan teknologi merupakan salah satu perkembangan yang mengubah peradaban manusia. Teknologi bisa sangat membantu berbagai pekerjaan manusia dalam menunjang kehidupannya. Salah satu perangkat yang menunjang perkembangan teknologi adalah penemuan komputer.  Komputer sudah banyak dikenal membantu banyak pekerjaan manusia mulai dari mengetik, menghitung, menyimpan dan mengatur data menjalankan fungsi multimedia.

Komputer dapat memudahkan banyak pekerjaan manusia, misalnya dahulu sebelum ada komputer manusia biasanya menulis teks panjang dengan menggunakan pena di atas kertas. Teknologi memberikan banyak manfaat untuk umat manusia, namun jika penggunanya tidak benar maka justru dapat memberikan efek negatif pada perilaku manusia.Komputer sebagai sebuah teknologi yang sangat maju sekarang ini tidaklah dibuat secanggih ini secara langsung. Untuk menjadi secanggih sekarang ini komputer membutuhkan tahapan-tahapan perkembangan yang cukup lama mulai dari segi kinerja, bentuk, dan juga komponen-komponennya. Bahkan ketika awal ditemukan komputer memiliki ukuran satu ruangan penuh hanya untuk mesinnya.

Penemu Komputer


Komputer pertama dibuat oleh seorang penemu bernama Charles Babbage Ia membuat sebuah mesin penghitung yang diberi nama Difference Engine No. 1 dan sangat populer dalam sejarah teknologi. Berkat penemuannya ini Charles Babbage menerima banyak apresiasi dan diberi julukan Bapak Komputer berkat jasanya menemukan komputer pertama kali.


1. Komputer Generasi Ke-1(1946 – 1959) Tabung Vakum


Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 silam yang menggunakan media tabung vakum sebagai komponen dasarnya. Tabung vakum sendiri merupakan sebuah material yang sangat cepat menghantarkan panas sehingga ini dinilai kurang efektif jika digunakan pada masa sekarang. Selain menghasilkan panas yang berlebih, komputer ini juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat mengoperasikannya.

Yang lebih mengejutkannya lagi adalah berat komputer generasi pertama ini ternyata mencapai hingga 30 ton dan bahkan menggunakan 18 ribu tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi per tabungnya. Komputer pertama ini bernama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer yang diciptakan oleh Mauchly dan Echert.


Tidak menggunakan bahasa komputer sepopuler seperti sekarang, ENIAC sendiri pada waktu ini menggunakan bahasa mesin, merupakan bahasa pemrograman paling dasar yang dapat dipahami oleh komputer. Dan karena keterbatasan kemampuan, akhirnya membuat komputer ini tidak dapat memecahkan masalah dalam satu waktu sekaligus. Meskipun terbilang sangat terbatas, namun pembuatan komputer generasi pertama tersebut menghabiskan biaya sekitar satu juta dollar.



2. Komputer Generasi Ke-2 (1959 – 1965) Transistor


Komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan tabung vakum sebagai medianya, melainkan teknologi transistor digadang-gadang adalah cikal bakal dari terciptanya komputer ini. Berbeda dengan tabung vakum yang berukuran besar, transistor sendiri memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil serta tidak menghasilkan panas berlebihan. Dengan menggunakan transistor, otomatis perangkat komputer yang diciptakan bisa berbentuk lebih kecil dibanding sebelumnya.

Komputer generasi kedua tidak mewarisi komponen-komponen komputer terdahulunya. Sebab, bahasa mesin yang dulu digunakan di komputer pertama ternyata juga diganti menjadi bahasa assembly atau kata lainnya adalah bahasa simbolik. Dan hal itu tentu utamanya lebih memudahkan, karena pengguna dan programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.


Setelah dirilisnya komputer generasi kedua, bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan pada saat itu; seperti halnya Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Perubahan bahasa pemrograman tersebut ternyata memberikan dampak yang efektif untuk komputer sekaligus memberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan akurat.

3. Komputer Generasi Ke-3 (1965-1971) Sirkuit Terintegrasi


Komputer generasi ketiga ini sudah tidak lagi menggunakan transistor apalagi tabung vakum, melainkan telah beralih menggunakan teknologi Integrated Circuit (ICs). Meskipun demikian, komponen transistor tidak serta merta ditinggalkan begitu saja tapi masih dipakai untuk membantu kinerja komputer generasi ketiga ini. Dan yang pasti, transistornya sendiri tidak lagi berukuran besar, namun sudah diminiaturkan dan diletakan pada IC. Satu buah IC itu terdiri dari beberapa transistor, resistor, dan kapasitor.

Teknologi IC yang dipakai pada komputer generasi ketiga dinilai lebih memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan sekaligus efisiensi dari sebuah komputer. Komputer pada generasi ini terlihat jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer pada generasi-generasi sebelumnya. Sekaligus temuan ini menjadi komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi. Perlu diketahui bahwa komputer-komputer generasi sebelumnya tidak menggunakan keyboard sebagai sarana penginputannya, melainkan menggunakan kartu berlubang dan pita kertas, yang artinya teknologi pada saat itu tentu jauh tertinggal jika dibandingkan pada saat terciptanya komputer generasi ketiga.

Selain ukurannya yang lebih kecil, komputer ini juga dihargai relatif murah dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat pada umumnya.

4. Komputer Generasi Ke-4 (1971 – Sekarang) Microprosesor


Perbedaan utama antara komputer generasi ini dengan generasi sebelumnya adalah pada komponen Integrated Circuit  yang lebih rumit dan lebih terintegrasi. Integrated Circuit yang dikembangkan oleh perusahaan Very Large Scale Integration sejak tahun 1980an dapat menghasilkan chip yang dapat menampung hingga ribuan komponen, sedangkan generasi sebelumnya hanya bisa menampung beberapa komponen saja.

Sebenarnya  semenjak tahun 1970 sudah muncul dua perkembangan komputer yang dianggap komputer generasi keempat. Yang pertama komputer dengan menggunakan Large Scale Integration yang merupakan serangkaian pemadatan ribuan chip Integrated Circuit yang dijadikan pada sebuah keping IC chip. LSI ini kemudian dikembangkan menjadi VLSI yang memuat puluhan hingga ratusan ribu chip Integrated Circuit.

VLSI  kemudian terus dikembangkan menjadi sebuah komputer mikro dengan semikonduktor dan otak pemrosesan data berupa mikroprosesor. Mikroprosesor juga berfungsi sebagai memori sementara yang bersifat internal.

Perusahaan Intel telah meluncurkan mikrokomputer sejak tahun 1971 dengan nama 4004 yang tersusun atas 230 transistor dengan kecepatan pemrosesan sebesar 108 KHz. Mikrokomputer ini dapat memproses hingga 60.000 tugas setiap detiknya.

5. Komputer Generasi Ke-5




Komputer generasi kelima ini sering disebut dengan komputer generasi masa depan. Komputer generasi kelima ini merupakan komputer yang saat ini digunakan secara luas di seluruh dunia.

Jika pada komputer generasi sebelumnya IBM merupakan perusahaan terbesar dan memainkan peran penting pada perkembangan komputer, pada generasi ini banyak perusahaan komputer bermunculan dan saling bersaing, namun yang memainkan peran paling penting dalam perkembangan komputer adalah Intel dan Microsoft.

Sejak perkembangan teknologi LSI di generasi sebelumnya, LSI ini semakin dikembangkan hingga pada generasi kelima ini Personal Computer umumnya memiliki ribuan IC pada mikroprosesornya. Pada generasi kelima ini perubahan juga ditandai oleh berkembangnya semi konduktor.

Beberapa perusahaan yang berperan penting dalam perkembangan mikroprosesor antara lain adalah Intel, Zilog dan Motorola. Slah satu mikroprosesor yang paling terkenal adalah seri Pentium yang diluncurkan oleh Intel. Seri Pentium yang paling atas adalah seri pentium 4 yang kecepatan pemrosesan datanya dapat mencapai 2 GHz.

Setelah sukses dengan seri prosesor Pentium di pasaran, Intel meluncurkan seri prosesor Itanium, yaitu proses yang dibuat dengan arsitektur 64 bit. Meskipun memiliki arsitektur 64 bit, prosesor Itanium ini memiliki kompabilitas untuk dapat menjalankan perangkat lunak 32 bit.

Pada komputer generasi ini juga ditandai dengan tampilan monitor yang sudah berwarna dengan kualitas kerapatan pixel sangat baik sehingga sudah banyak digunakan untuk keperluan multimedia. Tampilan komputer pada generasi ini umumnya disebut dengan GUI (Graphic User Interface)atau Tampilan Antarmuka Grafis.

Komputer pada generasi ini memiliki bentuk yang sangat kecil dan ringan namun performanya dalam melakukan pengolahan data sangat cerdas. Beberapa perangkat bahkan memiliki bentuk sangat kecil hingga mudah dibawa kemana-mana. Mulai dari perkembangan laptop hingga ke perkembangan ponsel pintar

Sedangkan dari segi perangkat lunak komputer pada generasi ini umumnya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, MacOS, dan Linux. Sedangkan untuk perangkat ponsel pintar dan tablet umumnya menggunakan sistem operasi android, iOS dan windows phone.

Pada generasi ini komputer juga sudah mulai dikembangkan untuk dapat berpikir seperti manusia. Teknologi ini disebut dengan Artificial Intelegence (AI) atau kecerdasan buatan. Kecerdasan ini umumnya digunakan pada robot atau pada fitur interaktif komputer dengan manusia, dimana pada fitur ini manusia bisa melakukan perintah kepada komputer dengan suara maupun gerakan tubuh.



Referensi:
https://www.indoworx.com/perkembangan-komputer/
https://olympics30.com/sejarah-komputer/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi & Misi Perusahaan Bank Mandiri

2.1 Arsitektur Web

2.2 Web Content